Friday, October 25, 2019

TIPS MEMILIH JORAN YANG BERKUALITAS DAN TAHAN LAMA




Joran adalah salah satu alat yang sangat penting untuk melakukan kegiatan memancing. Ada juga teknik yang tidak menggunakan joran yaitu teknik handline, namun tidak banyak para angler yang menggunakan teknik ini.

Umumnya para angler menggunakan joran untuk kegiatan memancing nya, bagi para pemula tentu nya kebingungan untuk memilih joran mana yang akan di pilih untuk kegiatan mancing 

Jika joran yang di pilih tidak sesuai dengan spot tempat mancing, tentunya membuat kegiatan memancing jadi tidak memuaskan. 

Bayangkan jika anda ingin memancing di kolam membawa joran jigging, tentunya akan mengganggu kegiatan memancing, maka dari itu tim tips mancing telah merangkum tips untuk memilih joran yang tepat dan berkualitas.

PEMILIHAN JORAN

Dalam pemilihan joran, anda harus menyesuaikan dengan ikan target apa yang akan di tangkap dan teknik mancing apa yang akan anda gunakan, karena teknik memancing telah banyak dan tentunya joran dari teknik ini sangat berbeda, contoh nya saja joran untuk teknik ultra light dan teknik fly fishing, tentunya sangat berbeda dari joran maupun teknik sendiri.

Maka dari pada itu anda harus menyesuaikan teknik apa yang akan anda pilih dan joran apa yang akan anda pakai serta ikan target apa yang akan anda tangkap.


BAHAN JORAN

Bagi para angler, tentunya anda menginginkan joran yang kuat dan tahan lama agar anda tidak kecewa saat memakai joran tersebut.dan terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan seperti joran patah

Maka dari pada itu hendaknya para angler mengetahui lebih kurangnya tentang bahan dari joran tersebut.

 Joran grafit

Joran grafit adalah joran yang terbuat dari material sejenis carbon, joran dengan bahan jenis ini lebih ringan dan lebih halus serta kurang lentur, dan harga dari joran ini juga terbilang mahal, action dari joran ini saat strike sangat enak.


namun joran tipe ini sangat rentan dan mudah patah, jangan pernah menekuk joran ini sangat melengkung apabila tidak ingin patah atau pecah. 


 Joran fiberglass

Joran jenis ini memiliki karakter lebih kuat dan lentur, joran ini bisa di tekuk dari ujung hingga ke pangkal, joran ini bisa lebih tahan lama dan awet. Harga dari joran jenis ini lebih murah jika dibandingkan dengan joran berbahan jenis carbon.


medium mix carbon dan fiberglass

Joran jenis ini adalah joran yang terbuat dari paduan karbon dan fiberglass , joran jenis ini tentunya lebih kuat dan lentur jika di bandingkan dengan kedua bahan di atas, karena perpaduan antara bahan carbon dan fiberglass murni, maka terciptalah joran yang lebih kuat dan lentur. 

Harga dari joran jenis ini tentunya lebih mahal dari harga joran yang di atas, karena actionnya sangat bagus dan lebih kuat.

Composite 

Karakter dari joran ini sangat ringan dan mantap, joran dengan jenis ini adalah joran yang terbaik dari ketiga jenis joran di atas, joran jenis ini sangat ringan,kuat dan powerfull, action dari joran ini juga lentur dan sangat cocok di gunakan untuk teknik casting, sayangnya joran jenis ini adalah joran yang lebih mahal dari yang lain, biasanya joran jenis ini di gunakan oleh pemancing profesional.

setelah mengetahui bahan bahan dari joran yang telah kami tuliskan, maka selain itu anda juga perlu memperhatikan: 

RING JORAN

Ring adalah kolongan yang berbentuk seperti cincin pada joran untuk memuluskan keluar masuknya line atau senar. 

Ring pada joran juga penting untuk anda perhatikan, karena jika sembarangan memilih ring pada joran, maka line akan mudah terputus, jadi pilih lah ring yang terbuat dari bahan keramik, dan jangan memilih ring yang berbahan dasar plastik ataupun besi, karena ke dua bahan ini dapat membuat line anda putus saat strike.


HANDLE / GRIP

Handle  atau grip di bagi dengan 3 jenis yaitu: 
  1. Handle pendek ( biasa di gunakan untuk casting dengan satu tangan atau single hand)
  2. Medium hand ( sering di gunakan untuk casting dengan satu tangan atau single hand, tetapi ujung jorannya yang agak panjang dan berfungsi untuk menahan beban saat strike iksn besar) 
  3. Handle panjang ( biasanya dilakukan untuk teknik dua tangan atau double hand, joran dengan handle panjang di gunakan untuk mancing pasiran dan joran ini memiliki pangkal yang lebih panjang

TIPE JORAN 

Tioe tipe dari joran ada 2 yaitu 

1 joran sambung 

Sesuai namanya, joran ini adalah joran yang di sambung pada bagian penyambung yang khusus yang telah terpasang pada bagian joran teesebut, joran ini tidak mudah rusak dan patah, serta joran ini lebih kuat dan tidak mudah rusak di pakai untuk fight dengan ikan, joran ini lebih awet dan tahan lama, namun joran ini susah untuk di bawa kemana mana karena joran ini ukurannya lebih panjang.

2. Joran teleskopik

Joran teleskopik ini seperti antena yang bisa di panjang kan seperti antena, joran ini bisa memanjang sampai 5 meter. joran ini lebih mudah di bawa dari pada joran sambung, karena joran ini bisa di pendek kan dan mudah saat membawanya, joran ini biasanya di pakai untuk mancing pasiran dan untuk mancing kolam.


Tips memilih joran.

1. Pilih lah joran yang sesuai dengan teknik memancing.

2. Pilih lah joran yang sesuai dengan spot yang di tuju, misalnya jika anda ingin mancing di laut, maka pilih lah joran laut.

3 pilih lah joran sesuai dengan reel, misalkan jika reel spining, makap pilih lah joran spinning, begitupun sebaliknya dengan reel baitcasting.

4. Tentu kan panjang joran sesuai dengan teknik dan lokasi yang ingin di tuju.


Dari kedua jenis joran di atas pasti ada kelebihan dan kekurangan dari masing masing joran, sesuai selera anda mau pilih joran sambung atau teleskopik sesuai dengan kebutuhan anda.

SALAM ANGLER...!

No comments:

Post a Comment