Tuesday, October 29, 2019

TIPS MEMANCING DI SUNGAI




Sungai adalah aliran air besar yang mengalir jauh hingga ke laut, di sungai banyak terdapat berbagai macam spesies ikan air tawar dari ikan nila, ikan mas, baung,masher, sebarau dan masih banyak lagi.

Siapa sangka di sungai banyak spesies ikan dan berbagai macam spesies dari yang kecil, hingga ada juga ikan yang berbobot hingga puluhan kilogram.

Banyak para angler yang mencoba mancing di sungai,  ada yang mendapat ikan besar dan ada juga yang mendapatkan ikan kecil.

Untuk para pemula, jika anda tidak tahu teknik mancing di sungai, pastinya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Karena di sungai harus mempunyai teknik khusus seperti.

KENALI SPOT YANG BANYAK IKAN

Tentu untuk memancing di sungai tidak boleh sembarangan tempat, karena tidak di setiap aliran air ada ikan yang mendiami lokasi tersebut, dan setiap aliran air memiliki ikan yang berbeda jenis sesuai dengan aliran air kesukaan ikan tersebut.


Ikan biasanya akan berkumpul pada pertemuan air dangkal ke dalam, dan daerah yang berlumut, di sana banyak terdapat ikan yang biasa mencari makan sehingga peluang untuk mendapatkan ikan semakin besar.


Dan ada juga spot terdapat banyak ikan ini di daerah air yang tenang seperti di tepian sungai yang dalam dan banyak tumbuhan air atau pun tumbuhan dari daratan yang merunduk ke air sungai.

Untuk lokasi sungai yang berbatu dan ber arus deras, juga tidak sembarangan ada juga lubuk lubuk sungai yang dalam tempat ikan berada seperti masher dan sebarau, ikan ini sangat senang di sungai yang berarus deras dan ada lubuknya, ikan ini biasanya di balik batu yang berada dalam sungai.



TEKNIK MEMANCING 

Tingkat kejernihan air di sungai sangat tidak menentu, kalau musim hujan tentunya air sungai sangat keruh dan debit air bisa naik sangat tinggi,  Sedangkan jika musim kemarau air biasanya sangat jernih dan bisa juga keruh, berikut tips untuk memancing di sungai

1.  Ketika air sungai jernih.

Ketika anda memancing pada saat air sungai jernih, tentunya anda dapat melihat dasar sungai dan ikan yang nermain di tepian air. Namun dengan air jernih membuat ikan sedikit sensitif dengan keberadaan para pemancing, sebaik nya ketika air sedang jernih anda harus tenang dan agak menjauh setelah melempar umpan.


2. Ketika sungai keruh.

Sungai keruh dapat terjadi oleh beberapa faktor seperti musim hujan,longsor, erosi, dan air pasang.

Pada saat ini sangat susah juga untuk mendapstkan ikan, karena ikan akan susah untuk melihat makanannya, sungai yang tidak terlalu keruh mungkin bisa juga anda mendapatkan ikan dengan hasil yang maksimal, sedangkan pada saat air yang sangat keruh, tentunya menyulitkan anda untuk mendapat kan ikan, teknik alternatif ketika air keruh adalah tidak harus ke tengah sungai untuk melempar umpan, cukup di pinggir sungai atau di balik batu, biasanya pada saat air keruh ikan akan berada pada pinggir sungai atau di balik batu

Teknik alternatif lainnya anda bisa menggunakan umpan buatan aamtau teknik casting, lure yang di gunakan sebaiknya lure top water seperti mini popper, stik bait, atau pensil karena umpan jenis ini dapat menarik ikan untuk memakan lure anda.


WAKTU MEMANCING 


Sebenarnya untuk waktu memancing di sungai tidak terlalu berpengaruh, jika anda ingin memancing dari pagi hingga sore hari pun tidak apa apa, pasti juga akan mendapatkan ikan.

Namun waktu terbaik untuk memancing ikan di sungai adalah pada saat matahari terbit (pagi hari) dan pada saat matahari terbenam ( sore hari) atau malam, pada saat itu ikan akan aktif untuk mencari makanan.

Jika anda mancing malam, langkah pertama yang harus di lakukan ya peralatan harus cukup, seperti senter, lotion anti nyamuk, peralatan memasak juga boleh, dan juga tenda untuk istirahat.


UMPAN

Hal penting yang harus di ketahui adalah umpan, biasanya di sungai umpan yang di gunakan adalah umpan hidup ( life bait) sesuai dengan kebiasaan ikan di sungai yang memakan serangga dan yang lain lain, banyak umpan yang di gunakan para angler untuk mancing di sungai, maka perhatikan lah spot tersebut dan tanaman apa yang biasanya tumbuh di tepian sungai seperti jagung, sawit dan masih banyak lagi.


Terakhir yang paling penting adalah bersabar dan berdoa agar mendapatkan ikan, maka berdoalah sebelum berangkat mancing.


No comments:

Post a Comment