Monday, October 21, 2019

TIPS MANCING DI LAUT





Memancing adalah suatu kegiatan untuk menangkap ikan yang di jadikan hoby bagi kalangan masyarakat, kegiatan ini banyak di tekuni bagi masyarakat Indonesia maupun negara manapun, kegiatan ini pun telah banyak beredar di seluruh dunia, dan bagi sebagian orang pun telah di jadikan sebagai pekerjaan untuk kegiatan ini.


Kegiatan menangkap ikan ini memberi sensasi tersendiri bagi para angler, dan tidak sedikit dari para angler untuk menghabiskan waktu luangnya untuk memancing, kegiatan ini bisa di lakukan di kolam,danau,sungai dan laut.


Mancing laut memang memiliki sensasi tarikan ikan yang luar biasa, berbeda dengan di air tawar seperti danau,kolam dan sungai, di laut memiliki size ikan yang luar biasa dan tarikannya yang sangat kuat.

Banyak dari oara angler yang telah mencoba mancing di laut dan hasilnya sangat memuaskan dari mancing di pinggir pantai bahkan sampai ke tengah laut menggunakan perahu. 

Bagi anda yang ingin mencoba mancing di laut kenali tips mancing di laut : 


Pemilihan waktu yang tepat


Pemilihan waktu sangat berpengaruh pada hasil dari tangkapan angler, tidak setiap pemancingan ikan di laut selalu berhasil dengan hasil yang memuaskan, faktor alam dan cuaca sangat pengaruh pada hasil tangkapan anda.

Waktu yang tepat untuk mancing di laut adalah pada saat matahari terbit, pada saat itu ikan akan sangat aktif untuk mencari makan, pada saat itu bisa anda gunakan untuk mendapat kan hasil yang memuaskan.

Sedangkan pada malam hari berpengaruh pada bulan, jika mancing malam, sebaiknya dilakukan pada saat bulan gelap atau bulan tidak bersinah penuh, karena pada saat bulan penuh akan mempengaruhi pada hasil tangkapan anda dan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal

Kecepatan angin juga berpengaruh terhadap kegiatan ikan, karna besar atau kecil nya ombak berpengaruh pada kecepatan angin dan ada atau tidaknya awan, ketika ombak besar, ikan ikan kecil akan berenang ke teluk yang tidak ada ombaknya, Yang berakibat ikan ikan besar mengikuti ikan ikan kecil.

Aliran angin juga berpengaruh terhadap musim dan cuaca, mendung atau tidaknya matahari berpengaruh pada aktifitas ikan.

Suhu dan arus laut jyga berpengaruh terhadap aktivitas ikan, idealnya jika suhu air hangat dan arus laut tidak terlalu kencang, kejernihan air juga berpengaruh terhadap anda yang suka mancing casting, jika ingin mancing casting sebaiknya ada air yang jernih.


Peralatan

Peralatan mancing di laut berbeda dengan air tawar karena ikannya yang sangat kuat dan size nya yang berbeda-beda, anda harus mempunyai peralatan seperti berikut.

 Joran 


Untuk joran, sebaiknya anda menggunakan joran sambung, karena size ikan di laut yang berbeda beda, jika mancing ultralight sebaiknya gunakan joran yang kecil dan ringan, berbeda dengan di tengah laut, anda harus menggunakan joran tipe hard agar dapat mengantisipasi ikan yang berukuran besar, untuk mancing di pantai, sebaiknya gunakan joran yang panjang sekitar 3,9 meter sampai 5 meter agar dapat melempar umpan sangat jauh, jika mancing di atas perahu, sebaiknya gunakan joran yang lebih pendek sekitar 1,8 sampai 2,1 meter.

Reel

Shimano technium

Peralatan yang di butuhkan tentunya reel, untuk mancing di laut harus lah di gunakan reel dengan kekuatan yang besar, untuk mancing uktralight gunakan reel yang kecil namun tetaplah kuat, dan jika mancing di pantai atau di temgah, di butuh kan reel dengan kekuatan 5000 ke atas.


Senar/line

Line untuk mancing di laut biasanya line PE atau nylon dengan ukuran besar, untuk line PE gunakanlah ukuran 0.20 mm keatas, dan untuk monoline gunakan ukuran 0.30mm keatas 


Untuk selanjutnya pemberat, pemberat yang di butuhkan tentunya yang berat, agar tidak terbawa arus atau pun terbawa ombak, dan mata kail di sesuaikan dengan ukuran ikan target.

Teknik mancing di laut juga berbeda dengan di air tawar, mulai dari mancing dasaran maupun untuk casting, dan umpan yang di butuhkan tentunya berbeda juga dengan air tawar. 


Teknik mancing di laut memang berbeda di setiap spot mulai dari mancing di pantai, dermaga, maupun tengah laut, tiap lokasi ini berbeda teknik maupun jenis peralatannya.


Surf fishing

                      Sumber: fishmaster.com

Teknik surf fishing adalah teknik mancing di pantai dengan melempar umpan sejauh jauh nya dan membiarkan umpan dimakan ikan, tekni ini dilakukan dengan joran panjang antara 3.6meter hingga 5 metermeter, sedsngkan reel digunakan antara 6000 keatas dan memiliki spool yang besar agar bisa menampung senar yang panjang dan bisa melempar umpan dengan sangat jauh.

Teknik ini menggunakan timah yang berat agar bisa menahan ombak, dan umpan tidak terbawa ke tepi pantai, teknik ini biasanya menggunakan umpan hidup atau live bait, dan juga bisa menggunakan lure casting.



Rock fishing

                   Sumber: Sahabatmancing.com

Hampir sama dengan surf fishing, namun rock fishing ini adalah mancing di atas tebing ataupun batu karang, teknik ini cukup berbahaya dan sangat menantang, untuk anda yang masih pemula, sebaiknya jangan mancing dengan teknik ini.

Untuk mancing rock fishing, gunakan joran kuat dan line yang cukup besar sekitar 0.30mm keatas karena teknik ini biasanya mendapatkan strike ikan besar.

Untuk umpan anda bisa menggunakan udang, daging ikan, anak ikan, cumi cumi dan bisa juga memakai umpan tiruan.


Mancing di tengah 

Mancing di tengah laut menggunakan boat adalah teknik yang sering kita jumpai di kalangan para pemancing memancing di tengah laut dapat menggunakan umpan hidup atau pun umpan tiruan. 

Mancing di tengah laut mestinya menggunakan joran yang kuat, dan reel yang kuat, karena size ikan di tengah laut besar besar.

Teknik mancing di tengah laut ada 2 yaitu: 

Mancing dasaran.

Teknik dasaran adalah mancing dengan menggunakan umpan alami yang menggunakan pemberat. Contoh umpan yang digunakan seerti udang,ikan ikan kecil, daging ikan, cumi cumi dan umpan hidup lainnya

Contoh rangkaian pancing dasaran
Sumber: Plengoez.club

Mancing casting 

Teknik casting adalah mancing dengan menggunakan umpan buatan yang di buat seperti ikan sungguhan atau artificial lure, untuk mancing di tengah biasanya para angler menggunakan metal jig yang dapat tenggelam, metal jig ini terbuat dari timah yang dapat tenggelam dan beratnya bermacam macam hingga 300 gram. 

Sumber: bukalapak.com

No comments:

Post a Comment