Thursday, October 17, 2019

TIPS DAN TEKNIK ROCKFISHING


Sumber: google


Rockfishing adalah teknik memancing di atas tebing atau batu karang, teknik ini memang terlihat extreme dan berbahaya, karena salah sedikit saja anda melangkah maka fatal akibatnya.

Namun, banyak dari para angler yang menikmati teknik ini, selain menantang, ikan target yang di dapat pastinya besar, dan memiliki sensasi tersendiri untuk fight dengan ikan di atas tebing.

Rock fishing merupakan teknik yang sangat menantang bagi para pemancing, dan juga sangat berbahaya dan penuh dengan resiko, dengan ketinggian tebing dan ketajaman dari karang, tapi resiko ini di lewati oleh pemancing untuk mendapatkan sensasi strike.

Rock fishing merupakan teknik mancing yang menarik dan menantang, selain itu teknik ini juga harus mempunyai keahlian khusus dan membutuh kan stamina dan jiwa yang kuat, agar terhindar dari resiko.

Berikut tips dan cara mancing rock fishing: 

Keselamatan

Hal pertama yang harus di perhatikan tentunya keselamatan, untuk memancing di atas tebing, pastikan anda menggunakan alat bantu untuk memanjat tebing tersebut bila tebingnya terjal, dan sebaiknya anda menggunakan sepatu untuk menghindari tajamnya karang. 

Ketika anda hendak memilih lokasi, pastikan lokasi tersebut adalah lokasi yang biasanya di gunakan para pemancing, bila perlu bawalah orang yang biasa mancing di tempst tersebut agar anda mengetahui spot tersebut.

Saat anda kemancing di karang yang tidak tinggi atau dekat dengan air laut, pastikan anda memperhatikan ombak, jangan pernah untuk membelakangi ombak, karena kita tidak tahu kapan ombak besar akan datang yang bisa menyeret kita kapan saja.

Saat akan merencanakan untuk pergi mancing rock fishing, anda harus memperhatikan cuaca, ombak dan angin, karna ini sangat berpengaruh pada hasil kita memancing, bila perlu anda bisa menanyakan pada warga sekitar spot untuk menanyakan kondisi laut bila anda jauh.

Peralatan

Hal ke dua yang di perhatikan adalah peralatan, usahakan peralatan yang anda bawa sudah cukup seperti ini:


1 joran



Tidak beda jauh dengan surf fishing, joran yang di perlukan dengan panjang sekitar 3,6 meter sampai 4,5 meter dan harus joran yang kaku dan kuat, karena kebanyakan ikan di tebing berukuran monster.

2. Reel

Shimano Ultegra 

Untuk reel,gunakan reel dengan power 5000 ke atas, dan memiliki spool yang besar agar reel mampu menampung line yang panjang, karena ketika kita melempar umpan dengan jauh dan kedalaman air hingga puluhan meter bahkan sampau ratusan meter. 

3 line

Line yang di gunakan untuk teknik rock fishing harus yang besar juga, ukuran line yang di butuhkan antara 50 sampai 60 lbs, agar dapat mengantisipasi ketika dapat strike ikan besar.

4. Pemberat 

Untuk mancing dasaran, pemberat setidak nya 100 gram sesuai dengan arus dan kedalaman air laut, dan jika memancing di karang dangkal, anda bisa menggunakan pelampung jika dasarnya karang.

5. Mata kail 

Usahakan untuk menggunakan mata kail yang besar untuk target monster, dan sesuai dengan target ikan.

6 umpan.

Untuk mancing dasaran, gunakan udang, ikan ikan kecil, atau potongan daging ikan, dan cumi cumi,  dan untuk mancing dasaran, anda bisa menggunakan minnow, jig, popper dan masih banyak yang lainnya tergantung dengan kedalaman air.

7 jangkar atau serokan

Ketika anda mendapatkan ikan yang besar, anda pasti membutuhkan jangkar atau serokan yang panjang untuk mengangkat ikan, jika di angkat menggunakan line bisa outus ketika anda mengangkat ikan, jadi usahakan untuk menyediakan jangkar atau serokan ikan yang panjang untuk mengangkat ikan dari atas tebing.

Teknik rock fishing

Tidak semua tebing spot rock fishing ini extreme, bahkan ada juga yang lebih aman dan safety utk di gunakan, jadi teknik pertama adalah anda harus mengetahui situasi dan kondisi spot tersebut, agar anda bisa membawa peralatan secukupnya. 

Hal ke dua yang harus anda perhatikan adalah gunakan umpan secukupnya dan jangan terlalu banyak membawa umpan, gunakan umpan yang biasa di gunakan para pemancing rock fishing, ikan akan memakan apa saja makanan yang menjadi kebiasaanya, jadi jika anda terlalu banyak membawa umpan akan sia sia.

No comments:

Post a Comment