Friday, October 18, 2019

TIPS DAN TEKNIK MANCING IKAN BULAN ATAU TARPON





Ikan tarpon merupakan spesies dari megalopidae di indonesia ikan ini di kenal dengan nama ikan bulan, ikan ini mendiami pesisir pantai, muara, dan di sungai sungai air tawar, ikan ini bisa hidup di air asin (laut) maupun air tawar. Dan ikan ini di kenal sebagai raja perak, karena ikan ini memiliki sisik yang besar dan berwarna perak mengkilat.


Di bagian Amerika, khususnya di Florida, ikan ini sudah menjadi favorit para angler, karena tarikan ini yang sangat kuat dan dapat membuat lompatan yang indah untuk melepaskan kail pancing yang melekat pada mulutnya



Sayang nya size ikan bulan tidak sama dengan yang ada di Amerika, meskipun begitu, namun sensasi tarikan dari ikan ini membuat para pemancing ingin mendapatkan ikan ini.


Namun, ikan ini jarang di konsumsi para angler, karena banyak nya duri di dalam daging ikan ini seperti ikan mas, hal yang membuat para angler memburu ikan ini karena tarikan ikan ini yang kuat dan mampu melompat memberontak untuk melepas kail pancing.

Ikan ini adalah pemangsa oportunis, dimana Mangsanya adalah ikan ikan kecil, udang , dan kadang tanaman air, namun di pesisir makanan ikan ini adalah ikan haring atau udang, dan juga ikan kecil lainnya.

Ikan bulan ini adalah ikan yang menghuni kawasan muara, air payau, pesisir dan di sungai sungai sesuai dengan ke asinan air, ikan ini gemar bermain di kawasan terbuka dan sering berenang di permukaan.

Ikan ini gemar bermain di permukaan sambil mengambil nafas dan memperlihat kan sisik nya yang perak mengkilat, sehingga menarik perhatian para angler untuk mendapatkan ikan ini.

Namun, ikan ini tidak akan mudah tergoda, kadangkala ikan ini menghilang dari permukaan bila mengetahui adanya para angler yang mencoba memburunya, dan terkadang ikan ini tak mengacuhkan umpan yang kita lempar,

Oleh karena itu rajin rajin lah menukar umoan sampai ikan ini gergoda dan memakan umoan tersebut.


Karena ikan ini sering bermain di permukaan air, umpan casting yang cocok untuk ikan ini seperti:

1 popper

2 minnow

3 soft lure

4 micro jig

Karena size dari ikan ini tak sebesar yang ada di daerah lain maka sebaiknya anda menggunakan lure yang berukuran kecil saja.

Umpan yang mengkilat akan lebih menggoda ikan ini.

Penggunaan yang paling penting adalah menggunakan mata pancing yang kuat dan tajam, karena rahang ikan ini yang keras menyulitkan para angler untuk set hook up, selain itu dia spesies yang gemar melompat, setelah ikan mengetahui bahwa Dirinya telah terperangkap, ia akan melompat akrobatik utk melepaskan mata kail yang tersangkut di mulutnya Sekejap mata.

Ini lah yang membuat ikan tarpon ini sering lepas saat strike.

Untuk peralatan pancing, sebaiknya anda gunakan piranti kelas ringan, seperti piranti ultralight, karena size ikan ini yang kecil di Indonesia.

Dan wakti yang ideal memancing ikan bulan ini adalah pada saat pagi hari dan sore hari.

No comments:

Post a Comment