Wednesday, October 16, 2019

TIPS DAN TEKNIK JITU MANCING IKAN BARAMUNDI




Ikan barramundi atau kakap putih merupakan ikan pancing yang paling banyak di cari di perairan tawar maupun air asin.

Ikan ini jadi favorit para pemancing karna tarikannya yang kuat serta ikan ini akan melompat lompat saat strike untuk melepaskan kail pancing yang melekat pada mulutnya.

Jenis ikan ini tersebar luar di wilayah hindia pasifik barat mulai dari Asia Tenggara sampai Papua Nugini dan Australia Utara, ikan ini merupakan salah satu komoditas budidaya unggulan di Indonesia.

Bentuk dari ikan ini memanjang dengan sisik berwarna perak gelap sesuai dengan tempat lingkungan hidupnya  dan berukuran besar, dengan mulut yang besar untuk menangkap mangsanya seperti udang,ikan ikan kecil, cumi cumi dan masih banyak lainnya. Jika dilihat dari atas, badannya gepeng dan kepalanya terlihat cekung, berat maksimal ikan ini 60 kg dengan panjang bisa mencapai 1,8 meter.

Ikan ini biasanya hidup di perairan pesisir pantai, muara laut, dan sungai baik di perairan bersih ataupun keruh.

Mungkin banyak dari para angker yang belum pernah mencoba tarikan ikan ini, namun belum tau teknik dan umpan dari ikan ini.
Berikut penjelasan tentang teknik dan tips mancing ikan baramundi:

LOKASI ATAU SPOT
Contoh spot barramundi

Ikan ini biasanya berada di kedalaman 1,5 meter sampai 8 meter, dan ikan ini lebih suka berada di perairan payau (pertemuan air asin dengan air tawar) seperti muara, dan sungai yang mengalir ke laut, dan di sepanjang pesisir juga ada ikan ini, karena ikan ini lebih suka di perairan dangkal.

Bagi para pemancing biasanya berburu ikan ini di muara, karna kebanyakan ikan baramundi banyak datang kemuara untuk berkembang biak dan mencari makan, untuk di muara spot ideal ikan ini seperti di akar akar pohon dalam air, ranting kayu yang terbenam, pohon tumbang, tumpukan batu  dan tanaman yang merambat ke air.

TEKNIK 

Untuk menangkap ikan kakap ini cukup susah dan harus penuh kesabaran, karena ikan ini gesit dan cerdik, oleh karena itu di butuhkan teknik khusus untuk menangkap ikan ini.

Anda bisa menggunakan tekni mancing dasaran atau casting,  untuk mancing dasaran,anda bisa menggunakan umpan:

1. Udang besar yang masih hidup

2. Ikan bandeng yang masih hidup

3. Anak ikan belanak yang masih hidup

4. Cumi cumi yang masih hidup

Kenapa harus umpan hidup??
Karena baramundi sangat suka menyambar umpan yang masih hidup, ikan ini sangat rakus dan siap menerkam apa saja yang lewat di depannya, dengan mulutnya yang lebar, ikan kakap ini mampu menelan anak anak ikan.

Untuk umpan dasaran, tipe ikan ini menyambar umpan biasanya di bawa lari, tapi udang masih di jepit di bibir dengan kondisi kepala udang di dalam mulut, kalau saat pertama senar akan tersendat jari, udang ini akan langsung di lepaskan oleh barramundi, maka cepat cepat lah mengganti umpan dengan udang baru, saat kakap pertama kali menyambar udang, pedang pada mulut udang akan di patah kan, jadi ikan barramundi tidak akan memakan udang dengan pedang di mulut yang patah, jadi tekniknya, ulurlah senar saat baramundi pertama menarik umpan, setelah di ulur, umpan akan berhenti di tarik ikan, kakap berhenti untuk mengunyah dan memasukkan umpan ke dalam mulutnya, setelah umpan di makan, ikan kakap akan berjalan lagi, saat itu lah anda akan menyentakkan joran.

Untuk teknik casting, sebaiknya anda menggunakan perahu, karena jika anda menggunakan perahu anda akan lebih leluasa mancing dengan teknik casting ini, anda bisa melempar lure ke titik titii potensial, karena ikan ini sangat rakus, ikan kakap ini mudah tertipu dengan lure buatan seperti minnow, mini popper, soft lure, crank dan stik bait.

Tergantung lure apa yang anda mainkan, kalau umpan tersebut lewat di depan ikan baramundi akan langsung di sambar, jadi pemilihan spot sangat penting untuk mancing casting ini.

Demikian lah teknik untuk mancing ikan barramundi atau kakap putih ini, untuk peralatan sebaik nya anda gunakan piranti yang cukup besar, karna ikan ini kekuatannya sangat kuat dan gunakan lah line dengan ukuran yang besar.

No comments:

Post a Comment