Tuesday, October 15, 2019

TIPS DAN CARA PINTAR MEMILIH REEL YANG BERKUALITAS


Shimano Ultegra



Saat ini banyak produsen dari brand ternama berlomba lomba mengeluarkan produk ini, saking banyak nya produksi reel, anda mungkin bingung untuk memilih reel yang berkualitas dan harganya pas dengan saku anda.

Memang, jika anda ingin reel yang berkualitas anda harus mengeluarkan uang yang banyak agar mendapatkan reel berkualitas, jika yang di beli murah, maka kualitasnya pasti murahan.

Nah kali ini saya akan memberikan tips untuk memilih reel yang berkualitas.

1. Body reel

Body reel adalah hal pertama yang kita perhatikan, karna saat melihat reel tersebut hal yang pertama terlihat adalah body dari reel tersebut, jika para angler akan membeli reel tentu nya yang di perhatikan adalah model reel tersebut, apakah para angler suka dengan reel tersebut atau tidak.

Body reel terbuat dari banyak bahan seperti grafit, aluminium, magnesium, bahkam plastik. Masing masing memiliki kekebihan dan kekurangan, reel yang terbuat dari aluminium dan besi, akan lebih kuat dan tahan lama namun sangat rentan terkena air laut, sedang kan yang terbuat dari bahan plastik, tentunya sangat ringan dan lebih nyaman saat di gunakan, namun bahan ini mudah patah saat fight dengan ikan yang ukurannya besar.

2. Perhatikan spool dari reel tersebut.

Spool berfungsi sebagai tempat letaknya senar yang digulung, semakin besar ukuran spool maka semakin panjang pula ukuran senar yang di butuhkan, dan spool berfungsi sebagai penahan senar.
Spool reel terbuat dari dua bahan yaitu aluminium anodized dan grafit, sehingga spool akan lebih ringan dan nyaman saat di pakai, sedangkan aluminium memiliki daya tahan yang lama dan kekuatan yang lebih besar, dalam pemilihan spool, ukuran reel menentukan besar atau kecil nya spool, namun spool yang terbuat dari aluminium anodized lebih tahan lama dari grafit, sehingga spool aluminium ini lah yang harus jadi pilihan anda agar mendapatkan reel yang berkualitas.


3. Handle

Handle pada reel berfungsi sebagai alat untuk penggulung senar, dan handle ini adalah komponen penting untuk di perhatikan, sebaiknya pilih handle yang mempunyai fitur anti reserve  handle yang fungsinya handle tidak akan berputar balik yang artinya set hook lebih kuat, fungsi ini menandakan bahwa komponen yang ada dalam reel sangat padat dan tidak akan mudah longgar.

4. Ball bearing.

Pentingnya komponen ball bearing di reel pancing yang di tempat kan di dalam badan reel untuk kelancaran,keutuhan dan stabilitas, semakin banyak  ball bearing maka semakin halus putaran dari reel tersebut.
Minimal untuk pemilihan ball bearing reel ini adalah 4 ball bearing ke atas agar mendapatkan putaran yang halus untuk reel anda

5. Gear ratio.

Gear ratio mengacu pada banyak putaran lengkap pada spool dengan satu putaran handle yang artinya jika gear ratio pada reel 4:1 maka spool akan berputar 4 kali pada satu putaran handle, maka semakin tinggi anda memilih gear ratio maka semakin kencang pula putaran line pada spool. Jika anda ingin memilih gear ratio pada reel maka saran saya pilih lah model kecepatan sedang 4,5:1.

6 kualitas drag system pada reel

 Sistem drag pada reel adalah komponen yang penting di dalam reel, yang fungsinya memberikan perlawanan pada ikan sat fight dan membiarkan senar keluar pada saat di tarik ikan.

Drag ini memiliki peranan penting saat fight dengan ikan, semakin halus dan berkualitasnya drag, maka resiko senar putus akan semakin kecil, biasanya settingan drag tidak akan melebihi kekuatan senar, yakni sepertiga dari kekuatan senar.

Drag reel harus berputar berputar secara lancar sesuai dengan kekuatan yang di atur jika drag tidak berputar secara lancar, dan sering tersendat, saya sarankan agar memilih reel lain.

No comments:

Post a Comment