Tuesday, October 8, 2019

TEKNIK SURF FISHING (MANCING PASIRAN)



Banyak teknik mancing yang di kenal para pemancing salah satunya adalah surf fishing atau mancing pasiran.



Surf fishing adalah teknik memancing berdiri di garis pantai atau di ombak. Saat ini banyak para angler indonesia yang menggandrungi teknik ini.

Mancing pasiran atau surf fishing ini bisa memakai umpan buatan (casting) dan juga umpan dasaran (live bait), tapi kebanyakan para pemancing menggunakan umpan hidup untuk mancing di ombak ini.

Ide besar dari surf fishing ini adalah melempar umpan sejauh mungkin ke dalam air untuk mencapai ikan target dari pantai, mancing pasiran dapat di lakukan dengan panjang joran 4,5 - 5 meter, dan untuk reel antara 6000- 10.000 agar umpan dapat di lempar kan sejauh mungkin.

Selain joran dan reel, anda juga harus membutuhkan pipa agar pancing bisa di tegakkan dan tidak perlu di pegang, dan yang di butuh kan selanjut nya ya tentu nya line,leader dan umpan.

Untuk line, anda bisa menggunakan line PE dengan ukuran 0.30mm, dan gunakan leader fluoro carbon ukuran 0.25 lbs

Potensi mancing pasiran sangatlah banyak, anda harus tau spot spot yang di tandai dengan adanya jalur arus, di tempat tersebut biasanya banyak ikan ikan predator yang sedang mencari mangsanya seperti ikan ikan kecil.

Untuk itu anda harus bisa membaca kondisi arus dan pasang air laut agar anda tidak susah payah melempar umpan.

Dan untuk waktu, anda harus tau kapan untuk memancing agar bisa mendapatkan ikan, waktu yang paling tepat untuk mancing pasiran adalah sore sampai malam hari, karena pada saat itu ikan sedang aktif mencari mangsanya, kalau dari pagi sampai sore anda mancing boleh saja, asalkan peralatan anda siap untuk menghadapi teriknya matahari, jika terkena teriknya matahari anda pasti akan kepanasan dah bisa dehidrasi jika tidak memakai penutup kepala.

Umpan untuk di pantai biasanya menggunakan cacing laut, undur undur, ikan ikan kecil, dan udang juga bisa anda gunakan, untuk udang sebaiknya anda gunakan udang hidup tapi jika tidak ada udang hidup,daging udang mati juga bisa anda gunakan dan sebaiknya di ikat dulu di kail pancing dengan benang yang halus agar umpan tidak lepas saat di lemparkan.

Ada dua cara untuk melempar kan pancing dengan mudah dan jauh, pertama anda bisa melempar pancing dengan tangan seperti anda melempar pancing biasanya, dan untuk yang kedua anda bisa menggunakan ketapel untuk bisa melempar umpan dengan jauh dan tidak perlu besusah payah untuk melempar umpan seperti foto di bawah ini.

                           Sumber: you tube

Mungkin hanya itu info yang bisa saya share kepada teman teman semua, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment