Monday, October 7, 2019

TEKNIK MANCING YANG HARUS DI KETAHUI PARA PEMANCING



Banyak teknik mancing yang dimiliki para angler di Indonesia, berbagai macam cara dilakukan para pemancing untuk mendapatkan ikan.

1. Mancing dasaran 

Mancing dasaran adalah teknik yang umum di gunakan para pemancing, mancing dasar ini sangatlah mudah, tinggal pasang umpan dan langsung di lempar, tinggal menunggu umpan di makan ikan.
Mancing dasaran ini umumnya menggunakan pelampung atau hanya timah pemberat, sesuai dengan arus air dan ombak di tempat mancing.
Teknik dasaran ini biasanya menggunakan joran spining dan bahkan hanya menggunakan tangan saja.


2.  Casting 

Teknik casting adalah teknik dengan menggunakan umpan buatan (sport fishing) Dan di lemparkan pada spot yang potensial untuk mendapatkan ikan targer seperti ikan  predator.
Teknik ini terbilang susah susah mudah, karena kita harus bisa memainkan umpan buatan ini untuk menarik perhatian ikan predator.
Lemparan umpan biasanya tidak perlu jauh, sekitar 10 sampai 30 meter, setelah di lemparkan lalu di tarik perlahan sambil menggoyangkan joran agar umpan buatan tersebut bergoyang goyang agar menarik perhatian ikan predator.

Ada banyak jenis casting seperti:

A. Jigging. 


Mancing teknik jigging ini menggunakan umpan jig atau metal jig, teknik ini bisa di lakukan di tengah laut (light jigging)  atau di pantai (shore jigging) yang tidak berkarang, cara teknik ini dengan di lempar kan (di pantai) atau di selamkan di dasar laut ( di atas boat) dan tunggu agar jig sampai kedasar, setelah sampai ke dasar , setelah sampai dasar joran di hentakkan sambil menggulung reel sampai di atas dan di ulur lagi sampai dasar dan begitu seterusnya sampai mendapat sambaran.
Teknik ini di lakukan di laut yang berarus kencang dengan kedalaman 50 sampai 100 meter.


B. Popping



Teknik popping ini adalah teknik mancing ikan di atas air atau biasa di sebut top water, dengan menggunakan umpan popper untuk memarik perhatian ikan predator.
Umpan popper ini di lemparkan ke titik spot yang potensial seperti batu karang yang terlihat di atas air dan di spot lainnya, lalu umpan ini di tarik dan joran di hentakkan sambil menggulung reel agar tercipta suara percikan air yang akan mengganggu dan menarik perhatian ikan predator.

3 Trolling 

Teknik ini di gunakan saat kapal berjalan dengan kecepatan 5 knot dan menggunakan umpan buatan juga seperti rapala dan untuk mendapatkan ikan target seperti tenggiri, baracuda, marlin dan juga layaran.
Cara untuk trolling ini kita hanya melemparkan umpan buatan ke belakang kapal dan di ulurkan dulu sekitar 30 meter dan kemudian di biarkan saja. Hanya tinggal menunggu di sambar ikan. Teknik ini menggunakan reel 5000 keatas dan untuk linenya berukuran 50 lbs keatas.


4 Minnow 




Teknik dengan menggunakan minnow ini bisa di mana saja, bisa di muara, pantai, pulau dan di tempat perairan dangkal seperti karang, kebanyakan para pemancing menggunakan minnow ini dengan peralatan pancing ultralight atau biasa di sebut dengan UL, cara memainkan umpan ini mudah, tinggal melempar umpan dan kemudian di tarik perlahan sambil memainkan joran agar umpan tersebut bisa bergoyang layak nya ikan ikan kecil, ada banyak jenis umpan minnow seperti floating,sinking, shallow, swim bait dan masih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment