Friday, October 4, 2019

TEKNIK MANCING ULTRALIGHT DI KARANG



Mancing ultralight atau biasa di sebut dengan UL memang banyak di gemari para pemancing saat ini, mancing dengan teknik ul memang memiliki sensasi tersendiri, karena menggunakan piranti ringan dan perlawanan ikan sangat terasa walaupun ikan kecil yang menyambar umpan.


Para produsen pancing pun telah banyak mengeluarkan produk produk  pancing UL ini, dan sekarang banyak varian alat UL dari joran, dan reel.


Memancing ul di karang memiliki sensasi tersendiri di bandingkan tempat lain, selain potensi ikannya banyak, anda bisa membawa keluarga sambil berekreasi.


Ketika mancing di pulau yang berkarang, jika tidak memakai boat, anda harus memakai sepatu yang aman dan nyaman saat di pakai, karena karang sangatlah tajam dan dapat melukai kaki jika anda salah melangkah atau tergelincir di batu karang tersebut.



Untuk teknik mancing UL di karang, anda harus tau cara cara berikut ini.


1. Keselamatan lebih penting.

 Tidak perlu jauh jauh ketengah untuk mancing di karang dangkal jika ombaknya besar, anda cukup berada di kedalaman lutut sampai pinggang saja, karena bila anda jauh ke tengah, anda bisa terbawa arus ombak laut.


2. Gunakan piranti kelas ringan.

Gunakan joran ul 6 lbs dengan panjang joran 180 cm, sementara untuk reel gunakan 500-1000, sedangkan untuk line, gunakan line ukuran diameter 0.04 sampai 0.08 mm dan gunakan leader ukuran 16-20 lbs.

3.lure.

Gunakan lure tipe floating dengan berat maksimal 7gram, lure tipe ini dapat menyelam hingga 50 cm dan tidak akan mudah tersangkut, kalau untuk spoon juga boleh, tapi anda harus tau bagaimana cara memainkan dan kecepatan menggulung reel. 

4. Drag reel

Drag reel ini juga sangat di perlukan untuk di setting, karena jika terjadi hentakan dan drag reel tidak di setting akan mennyebabkan line putus atau joran patah, settingan drag pun boleh sesua dengan keinginan sendiri jangan terlalu keras dan tidak terlalu kendor, anda pasti tahu bagaimana rasa nya line putus atau pun joran patah, pasti anda akan menyesal karena tidak menyetel drag reel.

Mungkin hanya segitu saja info yang bisa saya berikan pada anda, karena ini adalah pengalaman saya sendiri, semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment