Friday, October 11, 2019

TEKNIK MANCING GIANT TRAVELLY (GT)






Memancing adalah suatu kegiatan yang mengasikkan dan banyak di minati masyarakat Indonesia, baik dari anak anak maupun orang tua, kegiatan ini banyak juga di jadikan bagi sebagian orang untuk pekerjaan.

Dalam dunia pemancingan, anda pasti kenal dengan ikan giant travelly atau biasa di sebut gt, ikan ini adalah ikan favorit bagi para pemancing, karna tarikannya yang sangat kuat, ikan ini sangat agresif dan mampu memyambar apa saja yang lewat di depannya, dan ukurannya yang tidak mengecewakan dan ikan ini kaya akan protein yang tinggi, tidak heran ikan ini banyak di buru nelayan seluruh dunia.

Di negara lain pun ikan ini sangat di gemari untuk di konsumsi, selain protein yang tinggi, daging ikan ini pun rasanya sangat enak.


Ikan gt adalah salah satu ikan pelagis yaitu ikan perenang di laut dangkal, karang,dan batu karang, di setiap daerah pasti mempunyai nama untuk ikan ini, seperti ikan kuwe gerong dan masih banyak lagi.


Untuk lokasi 

Ikan gt ini sangat senang di perairan dangkal, di kedalaman sekitar 2 sampai 10 meter, karna ikan ini jenis pelagis, makannya kita tak akan menemukan ikan ini di laut dalam, biasanya ikan ini dapat kita temukan di pinggir pantai, batu drop off(tebing laut), tepi batu karang yang bertebing, dan gerombolan burung laut, karena di gerombolan burung laut bisa di indikasikan adanya ikan gt ini.

Ikan ini hidup bergerombolan mengelilingi karang untuk mencari mangsanya seperti ikan ikan kecil, cumi-cumi. Sebaiknya para pemancing harus memilih karang yang bersih dan luas untuk mendapat kan ikan ini.

Umpan

Untuk umpan, biasanya pemancing menggunakan ikan ikan kecil untuk umpan gt, selain ikan ikan kecil, cumi-cumi segar juga bisa di gunakan untuk mancing ikan gt ini(bottom fishing), tetapi seiring berkembangnya waktu saat ini telah hadir teknik mancing casting dengan menggunakan umpan tiruan yang terbuat dari kayu dan plastik keras seperti minnow dan popper, lure ini juga sangat efektif di gunakan untuk mancing ikan ini, popper tidak akan tengeelam saat diam, dan akan menimbulkan suara percikan air saat akan di hentakkan, lure ini sangat ampuh untuk mengusik ikan gt dan akan terganggu dengan kehadiran lure ini, banyak jenis dan ukuran dari popper ini, jika spot agak jauh, anda cukup menggunakan ukuran popper yang besar sekitar 80 gram.
Sedangkan minnow akan tenggelam jika di tarik, dan mengapun jika diam, lure minnow juga sering di sambar ikan gt, biasanya lure ini di gunakan para pemancing ultralight, teknik ini juga sering mendapatkan sambaran.


Waktu memancing yang tepat

Selain umpan dan lokasi, waktu harus di perhitungkan untuk mendapatkan ikan gt ini,
Waktu yang tepat adalah pada saat matahari terbit ( pagi hari )dan ketika matahari akan tenggelam(sore hari), saat itulah sambaran yang sering terjadi, karna pada saat itu ikan sangat agresifnya untuk mencari mangsa.
Dan ketika siang hari juga ada sambaran, namun tidak sebanyak pagi dan sore hari, jika di siang hari tidak ada sambaran, mancing dasaran sangat efektif untuk anda, karena jika mancing dasaran anda bisa menunggu sambil melakukan aktifitas lain seperti istirahat dan makan.

Itu lah teknik mancing ikan gt yang saya berikan, semoga bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa berdoa sebelum berangkat agar banyak dapat ikan dan jadi berkah.

No comments:

Post a Comment