Monday, October 14, 2019

TEKNIK JIGGING YANG HARUS DI KETAHUI PARA PEMANCING


Sumber: zeikel.com


Jigging adalah teknik mancing yang sangat populer saat ini, banyak dari kalangan pemancing yang mencoba teknik jigging ini, dan teknik ini semakin populer di kalangan para pemancing karena sport fishing yang satu ini sangat kental seperti casting.

jigging adalah salah satu teknik mancing dasaran dan di modifikasi dimana para angler harus memompa joran dan reel nya secara vertikal dan berulang ulang sampai umpan jig yang menari nari di dalam air di sambar ikan, dan teknil ini membuat para angler lebih aktif dalam memancing.

Sedangkan umpan jig ini terbuat dari timah atau besi yang di modifikasi sedemikian rupa agar berbentuk seperti ikan pada aslinya, telah banyak para produsen pancing yang telah memproduksi lure ini, mulai dari brand pancing ternama sampai para angler yang telah berpengalaman bisa membuat lure ini dari timah pemberat, untuk pemula senaiknya anda terlebih dahulu untuk membeli lure ini agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Saat ini teknik jigging telah menjadi dua yaitu


Light jigging 



Light jigging adalah teknik mencing dengan menggunakan umpan jig dari atas perahu, para angler hanya perlu menjatuhkan jig di dekat perahu dan membiarkannya tenggelam hingga ke dasar, dan setelah itu baru joran dan reel nya di pompa berulang ulang sampai ikan menyambar umpan jig.

Shore jigging



Berbeda dengan light jigging, shore jigging adalah teknik mancing dengan menghunakan umpan jig juga tapi di lakukan di garis pantai atau di tepi laut, para angler mungkin lebih extra dalam melakukan teknik ini, karena umpan jig harus di lempar sejauh mungkin dan membiarkan umpan tersebut tenggelam sampai ke dasar dan setelah itu baru joran dan reel di pompa secara berulang kali sampai mendapat sambaran, dan shore jigging ini tidak di anjurkan di lakukan di atas karang, karena umpan ini sifatnya tenggelam dan jika di atas karang besar kemungkinan umpan jig akan tersangkut.
Untuk anda yang mabuk laut, anda tidak perlu kecewa, karena teknik jigging ini bisa juga anda lakukan di tepi laut atau pantai.


Jika anda akan melakukan trip mancing jigging ini sebaiknya anda harus mengetehui kedalaman air di lokasi tersebut, ikan target dan warna air. 
Karena kedalaman air mempengaruhi kapasitas line anda, untuk mancing jigging ini setidak nya kapasitas reel anda adalah 200 meter line lebih kurang jika anda tidak tahu berapa kedalaman air di lokasi tersebut.
Dan untuk warna air mempengaruhi kebutuhan anda pada saat anda memilih lure metal jig,berat metal jig dan kapasitas joran dan reel.
Line PE sangat penting untuk anda ketahui ketika anda memilih kemampuan PE dan peralatan pancing yang akan anda pilih.

Berat jig akan mempengaruhi piranti yang akan anda pilih, jika anda menggunakan piranti yang ringan sebaiknya anda pilih jig yang ringan sekitar 10 sampai 30 gram, tetapi jika anda memilih jig yang ukurannya lebih dari 30 gram, sebaiknya anda memilih piranti yang sesuai, karena besar dan beratnya jig akan mempengaruhi ikan yang menjadi target anda.

Cara untuk teknik ini terbagi menjadi 3 yaitu fast,slow, dan long jigging.

Fast jigging adalah yang paling menguras energi, karena anda harus memompa joran dan reel secara cepat yang artinya 1 kali menghentakkan joran dan 1 kali menggulung reel.

Slow jigging berbeda dengan fast, karena teknik ini hanya menghentakkan joran dengan pelan sekali namun harus menggulung reel 2 kali.

Sedangkan long jigging menghentakkan joran 1 kali dengan pelan dan menggulung reel 3 kali.

Anda bisa pilih di antara ketiga teknik ini ataupun menggunakan teknik tersebut secara bergantian.

Demikian lah teknik jigging yang harus di ketahui para pemancing, semoga dengan penjelasan ini anda akan dapat sambaran atau strike.

No comments:

Post a Comment