Sunday, October 13, 2019

TEKNIK DAN UMPAN JITU MANCING MANGGROVE JACK




Ikan manggrove jack adalah ikan muara yang sangat banyak diminati para pemancing, karena ikan ini tarikannya sangat kuat dan ukurannya juga tidak mengecewakan sampai berpuluh kilogram. Ikan ini merupakan predator muara yang sering memangsa ikan ikan kecil, ikan ini memiliki banyak nama di setiap daerah, kalau di tempat saya ikan ini namanya adalah ikan nawi

Para pemancing muara pastinya tau dengan ikan ini dan banyak orang yang menggemari ikan ini, selain tarikannya yang kuat rasa daging ikan ini juga sangat enak, hanya menggunakan bumbu sederhana ikan ini jadi terasa sangat nikmat.

Banyak dari nelayan atau pemancing yang memburu ikan ini, karena ikan ini lumayan mahal harganya dan jarang terdapat di pasar ikan, biasanya nelayan atau pemancing menangkap ikan ini hanya untuk di konsumsi.

Untuk memancing ikan ini tentunya anda harus tau teknik dan umpan apa yang harus di persiapkan, serta lokasi spot dan waktu kapan ikan ini biasanya sering menyambar umpan.

Banyak dari pemancing yang juga jarang mendapatkan ikan ini karena tidak tahu teknik dan umpan untuk memancing ikan ini.
Nah, kali ini saya akan memberikan tips dan umpan untuk memancing ikan mangrove jack ini.

Untuk umpan biasanya saya menggunakan:

1 udang hidup.


Udang hidup adalah salah satu makanan yang sangat di sukai mangrove jack,  karena udang ini juga banyak di muara dan jadi makanan ikan nawi ini. Dan umpan ini sangat cocok anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika air jernih, cara untuk mendapatkan udang ini juga sangat mudah, anda bisa membeli di tempat tambak udang.

2. Anak ikan nila atau mujair


Anak ikan nila ini juga ampuh untuk mendapatkan ikan mangrove jack, tapi harus dalam keadaan hidup, agar ikan ini bisa berenang layak nya ikan yang hampir mati atau mabuk laut, saya biasanya menggunakan umpan ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3 ikan mudskipper


Anda tentu sering melihat ikan ini berjalan di atas pasir tepi muara, ya ikan ini terlihat unik bisa berjalan di darat, tapi siapa yang tahu kalau ikan ini juga favorit nya manggrove Jack.

4 anak ikan belanak


Ikan belanak juga ampuh untuk memancing ikan manggrove jack ini dan ikan ini jadi favorit ikan muara lainnya seperti giant travelly, kakap dan ikan oredator lainnya, anda bisa menggunakan anak ikan belanak ini dalam keadaan hidup dan jika mati, anda bisa juga memakai potongan daging ikan ini.

5. Belut sawah


Belut juga bisa anda gunakan, karena belut memiliki bau amis yang sangat tajam dan bisa menggoda ikan manggrove jack, belut juga bisa anda gunakan dalam keadaan hidup dan bisa juga menggunakan potongan daging belut ini.

Anda juga bisa menggunakan teknik casting, untuk mancing casting alangkah baik nya anda menyewa perahu kecil atau boat agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.


Itu lah umpan jitu yang biasanya saya gunakan, dan untuk peralatan anda mungkin sudah tau di artikel saya yang sebelum nya, tips mancing di muara
Dan untuk lokasi mancing anda harus ketahui spot mana yang biasanya didiami ikan manggrove jack ini seperti di hutan bakau yang di benami air, pohon tumbang, ranting ranting yang terbenam, dan carilah lokasi pepohonan yang niasanya di benami air, ikan ini biasanya hidup berkelompok, tetapi jika sudah besar, ikan ini tidak berkelompok, melainkan sendiri sendiri. Bagi kalian yang pemula, alangkah baiknya membawa orang yang sudah ahli agar kalian bisa tahu tentang cara cara mancing ikan mangrove jack ini, kareja biasanya beda daerah beda juga cara mancing ikan ini.
Jika sudah berada di spot, kalian bisa langsung mancing, dan yang perlu di perhatikan ketika memancing ikan manggrove jack ini adalah tingkat kedalaman air, jika anda mancing di spot yang dalam, anda tidak perlu menjatuklhkan jangkar jika menggunakan perahu, cukup di ikat pada pohon yang ada di tepian, agar tidak membuat suara ketika mancing ikan manggrove jack ini, ikan ini biasanya berdiam diri di tepi muara yang dalam dan menunggu mangsa nya yang lewat.
Jika umpan sudah dilemparkan, saya sarankan harus slalu siaga untuk memegang joran, karena ikan ini sifatnya menyambar, jika pengah saja, ikan ini akan membawa umpan kedalam akar kayu atau ranting ranting yang terbenam, jika ikan yang makan umpan besar biasannya joran kita bisa hilang di bawa ikan tersebut, karena sepengalaman saya, teman saya sudah pernah kehilangan joran karena ikan ini.

Anda juga harus memperhatikan kondisi air, jika air jernih sebaiknya anda mulai mancing pada saat langit mulai gelap, karena ikan ini sangat sensitif dengan cahaya, ketika pasang mulai naik, sekitar sore jam 6 dan pagi jam 3 ini lah waktu yang ideal untuk mancing dasaran.
Jika airnya berwarna kecoklatan, biasanya ikan ini berkeliaran pada siang hari dan teknik casting adalah yang paling potensial.


Itu lah teknik memancing manggrove jack yang saya ketahui dari pengalaman saya sendiri,semoga bermanfaan dan selamat mancing.


No comments:

Post a Comment