Thursday, October 10, 2019

MACAM MACAM JENIS LURE MINNOW YANG HARUS DI KETAHUI UNTUK MANCING ULTRALIGHT

Sahabat angler, kali ini saya akan membahas tentang minnow, ada banyak macam jenis minnow dan kegunaan umpan tersebut.


Minnow adalah umpan tiruan yang terbuat dari kayu atau plastik yang di buat sedimikian rupa seperti ikan ikan kecil, dan menggunakan lidah yang terbuat dari plastik dengan action berenang seperti ikan kecil atau menimbulkan splash jika di mainkan.

Pemilihan umpan adalah faktor penting yang mempengaruhi tingkat keberhasilan kita dalam memancing, dengan menyesuaikan jenis ikan yang menjadi target, kedalaman umpan, dan jenis umpan yang dapat menarik perhatian ikan predator yang sedang berada di dasar air.

Bentuk minnow sendiri sangatlah ramping dan memanjang, dan pada mulutnya di lengakpi dengan lidah untuk mengatur kedalaman umpan saat di retriv, bentuk lidah minnow ini tergantung dari panjang dan lebarnya untuk mengatur kedalaman yang di inginkan.

Minnow pun terbagi beberapa macam menurut daya apung.

SINKING

                           Sumber: google
Lure sinking ini memiliki kemampuan menyelam 3 sampai 5 meter, dan memiliki berat tertentu agar dapat menyelam dalam air, lure ini memiliki action menyelam horizontal (mendatar) di dalam air pada kedalaman tertentu dan cocok di gunakan untuk ikan target pada dasar air seperti kerapu.

FLOATING 


                           Sumber: google
Lure tipe floating ini dapat menyelam pada kedalaman 30cm sampai 1 meter.
Karakteristik floating dapat mengapung di permukaan air, dan jika di tarik dapat menyelam dan mengapung kembali saat akan diam, bentuk dari floating ini memanjang dan ramping, sangat efektif jika di gunakan di perairan dangkal seperti di karang dangkal, untuk menargetkan ikat di top water seperti giant travelly, baracuda, kakap, dan masih banyak lagi.

TIPE SHALLOW


                            Sumber: google
Lure tipe ini dapat menyelam pada kedalaman 2.5 meter, sama dengan floating, lure ini memiliki karateristik yang dangkal dan tidak begitu dalam.


VIBRATION LURE


                             Sumber:google
  Lure jenis ini tidak memiliki lidah, dan lure jenis ini memiliki daya selam hingga sampai di tengah kedalaman air, dan memiliki berat tertentu agar dapat tenggelam di dalam air.
Beda nya jenis lure ini dengan lure lain, jika lure floating,singking pada umumnya di pasang di mulut, namun lure ini di pasang di punggung. San ketika lure ini di tarik akan bergetar dan bergoyang layak nya ikan ikan kecil yang tidak waspada.
Lure ini sangat cocok untuk kedalaman air 1-3 meter. Untuk teknik lure ini hanya cukup di gulung saja dan lure akan bergetar sebagaimana semestinya


CRANK BAIT 



                            Sumber: google

Lure jenis ini berbeda juga dengan yang lain, terlihat dari bentuk lure, lure ini agak bulat dan lidahnya sedikit lebih lebar dari lure lain dan sedikit lebih besar dari lure lain,
Biasanya lure ini dapat menyelam hingga 1 meter bahkan lebih, action dari lure ini tidak karuan seperti ikan ikan kecil yang mabuk laut, dan action dari lidahnya yang lebar dapat bergoyang goyang di dalam air.


SPOON


                            Sumber: google
Lure ini mungkin berbeda dari minnow lainnya, tapi bisa di kategorikan dengan minnow, karena bentuknya kecil dan lebih ringan dari metal jig.
Dinamakan spoon karena bentuk nya yang hampir sama dan melengkung seperti sendok.
Lure ini terbuat dari metal dan aluminium. Cara memainkan umpan ini juga cukup mudah hanya tinggal di gulung saja reel nya dan umpan ini akan bekerja dengan sendirinya.


SOFT LURE 


Sumber:google

Lure ini terbuat dari karet yang kenyal, dan di rancang dengan bentuk seperti ikan kecil, udang dan juga cumi cumi, lure ini memiliki bentuk dan action seperti ikan asli, dan efektif di gunakan pada pagi hari,  hingga sore hari saat gelap, tidak seperti lure lain yang hanya bisa di gunakan pada saat tertentu.
Lure ini memiliki daya pikat tersendiri saat di tarik layaknya ikan asli dan daat menggoda ikan ikan predator. 


MINI POPPER 

                             Sumber: google
                      
Sama seperti popper, tapi lure ini lebih kecil dari popper biasanya, untuk anda yang menggunakan joran UL lure ini juga efektif untuk menarik perhatiam ikan top water dan juga fresh water, saat lure ini di tarik akan menciptakan splash atau cipratan air yang dapat membuak predator penghuni karang marah dan mengejar lure tersebut, 
Kombinasi memainkan lure ini harus di coba dan di cocokkan agar mendapatkan action yang maksimal. Mini popper tersedia dengan ukuran 4 sampai 10gram untuk jenis UL


MICRO JIG

                   Sumber: sahabatmancing.com

Micro jig adalah umpan tiruan yang berbentuk seperti ikan yang terbuat dari timah, micro jig adalah jenis metal jig yang lebih kecil antara 30gram ke bawah.
Teknik ini sudah lama berkembang di kalangan pemamcing UL, lure ini dapat di gunakan di kedalaman 5 sampai 50 meter tergantung arus air, jika arus air terlalu kencang, sebaiknya anda tidak usah memakai lure ini di kedalaman 50 meter cukup di kedalaman 5 sampai 20 meter.
Lure ini saat di tarik akan seperti ikan kecil yang mabuk laut dan berenang ke atas air, teknik ini cukup ampuh untuk menarik perhatian ikan predator di dasar hingga di permukaan air.


Itu lah lure yang harus di persiapkan untuk mancing ultra light.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment