Monday, November 9, 2020

CARA MENGHILANGKAN PLINTIRAN PADA SENAR PE

Cara menghilangkan plintiran pada senar PE



Plintiran pada senar PE sering kita temui saat kita mancing, baik saat fight dengan ikan dalam waktu lama terjadi tarik menarik hingga senar keluar masuk reel berkali kali, atau akibat penggunaan lure yang berputar seperti spoon, meskipun kita sudah menggunakan swivel yang harusnya bisa sedikit banyak membantu mengurai plintiran tetapi pada kenyataannya plintiran akan tetap terjadi. 

 Efek dari PE mlintir bisa menyebabkan senar kita mengalami drop, mudah sekali terjadi wind knot saat casting atau saat digulung ke reel sangat kasar sekali karena plintiran akan menimbulkan gesekan yang cukup besar ke ring guide joran. 


Ada sebagian pemancing menghadapi kondisi seperti ini langsung menyimpulkan pe yang digunakan berkualitas kurang bagus, kemudian langsung memotong bahkan mengganti senar pe dan membuangnya. 


Padahal kejadian seperti ini sangat umum terjadi pada pe merek apapun ketika menggunakan spinning reel, pada pertemuan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana mengembalikan plintiran pada senar pe kembali seperti semula. 

  1. Pertama- tama anda keluarkan seberapa panjang senar pe anda yang terjadi plintiran. 

  2. Ikat ujung pe ke metal jig atau sejenisnya lalu gantung metal jig kira2 30 cm. - putar metal jig berlawanan dengan plintiran hingga padat 

  3. Mintalah bantu teman untuk memegang senar pe yang dekat dengan reel.
     
  4. Hentak- hentak senar agak plintiran yang diputar berlawanan terdistribusi dengan baik.
     
  5. Lakukan beberapa kali hingga senar pe anda kembali seperti semula. 

 Tips kali ini cukup mudah kita lakukan sehingga senar pe kita bisa kita rawat dengan baik setelah mancing sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.
Semoga bermanfaat 

sumber www.mediapancing.com

No comments:

Post a Comment